Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Lubuk Begalung.

Noviza, Oktarina (2011) Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Lubuk Begalung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OKTARINA_NOVIZA_07253_2011.pdf] Text
final_B1_OKTARINA_NOVIZA_07253_2011.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena bahwa pelaksanaan kegiatan KKGsebagai wadah pertemuan para guru di TK Kecamatan Lubuk Begalung belumoptimal, karena kegiatan KKG dilaksanakan kapan diperlukan saja, materi yangdibahas belum semuanya relefan dengan tugas guru, peserta dalam kegiatan KKGkurang berpartisipasi aktif, Tutor yang memberikan materi dalam kegiatan KKGbelum bervariasi, dan media yang diperlukan dalam pelaksanaan KKG kurangtersedia secara memadai.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai persepsiguru terhadap: jadwal pelaksanaan kegiatan KKG, materi yang dibahas, partisipasiperserta KKG, tutor/nara sumber yang memberikan materi, dan mediapembelajaran yang diperlukan, serta manfaat KKG TK di Kecamatan LubukBegalung Kota Padang. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalahbagaimanakah persepsi guru terhadap: jadwal pelaksanaan kegiatan KKG, materiyang dibahas, partisipasi perserta KKG, tutor/nara sumber yang memberikanmateri, media pembelajaran yang diperlukan, dan manfaat KKG TK di KecamatanLubuk Begalung Kota Padang.Populasi penelitian adalah seluruh guru TK Kecamatan Lubuk BegalungKota Padang yang bertugas pada Tahun 2011 yang berjumlah 140 orang. Sampeldiambil 25 % dari jumlah guru masing-masing TK yang ada. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Dengan demikianjumlah sampel yang diperoleh adalah 44 Orang. Alat pengumpul data adalahangket dengan model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.Angket dinyatakan valid dengan rho hasil = 0,985 pada taraf kepercayaan 99%sementara rho tabel 0,765 dan Reliabel dengan r hasil = 0,982 pada tarafkepercayaan 99% sementara r tabel 0,765. Data yang diperoleh dianalisis denganmencari nilai rata-rata (Mean).Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) jadwal pelaksanaan KelompokKerja Guru TK di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang menurut guru kurangtepat dengan skor rata-rata 2,38, (2) materi KKG yang dibahas dalam pelaksanaankegiatan Kelompok Kerja Guru TK di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padangmenurut guru masih kurang relevan dengan tugas guru dengan skor rata-rata 2,44,(3) partisipasi peserta dalam pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru TK diKecamatan Lubuk Begalung Kota Padang menurut guru cukup baik dengan skorrata-rata 2,64, (4) kompetensi Tutor yang memberikan materi dalam pelaksanaaniikegiatan Kelompok Kerja Guru TK di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padangmenurut guru cukup baik dengan skor rata-rata 2,60, (5) media pembelajaran yangdigunakan dalam pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru TK di KecamatanLubuk Begalung Kota Padang menurut guru masih kurang tepat dengan skor ratarata 2,27, dan (6) manfaat Kelompok Kerja Guru TK di Kecamatan LubukBegalung Kota Padang menurut guru cukup baik dengan skor rata-rata 2,70.Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwapersepsi guru terhadap pelaksanaan Kelompok Kerja Guru TK di KecamatanLubuk Begalung Kota Padang kurang baik, dengan skor rata-rata 2,51. Ini berartibahwa kegiatan Kelompok Kerja Guru TK di Kecamatan Lubuk Begalung KotaPadang belum terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KELOMPOK KERJA GURU, KINERJA GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:24
Last Modified: 28 Oct 2025 10:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28004

Actions (login required)

View Item
View Item