Oktariani, Oktariani (2011) Perbandingan Hasil Belajar Sistem Koloid dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Teams Games Tournament (IGT) di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_OKTARIANI-86330-2011.pdf
Download (13MB)
Abstract
Pembelajaran kimia di SMAN 1 Nan Sabaris masih belum maksimal sehinggaberdampak terhadap hasil belajar yang belum memenuhi KKM yaitu ≥75. Pembelajaran kimiakhususnya sistem koloid di SMAN 1 Nan Sabaris masih terpusat pada kemampuan siswa untukmenghapal tanpa menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hal iniditerapakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT. Tujuan penelitian ini adalahuntuk memperoleh perbedaan hasil belajar sistem koloid dengan menerapkan modelpembelajaran NHT dan TGT.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman dengan rancangan RandomizedControl Group Only Design yang Diperluas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI IA di SMAN 1 Nan Sabaris, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 2 sebagaikelas eksperimen 1 (NHT) dan siswa kelas XI IA 3 sebagai kelas eksperimen 2 (TGT). Sampeldiperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data diperoleh dari tes hasilbelajar kognitif yang diberikan di akhir pembelajaran, dimana soal tes akhir ini telahdiujicobakan terlebih dahulu. Data tersebut kemudian dianalisis secara statistik denganmenggunakan uji-t.Hasil analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 (NHT) =81,8 dan kelas eksperimen 2 (TGT) = 80,8. Dari hasil uji-t yang dilakukan pada taraf nyata 0,05diperoleh thitung = 0,42 dan ttabel = 2,00 (dk=73), terlihat bahwa thitung < ttabel maka H0 diterimasedangkan H1 ditolak, yang artinya kedua kelas sampel tidak memiliki perbedaan yangsignifikan. Akan tetapi dapat meningkatakan hasil belajar, hal ini terlihat dari nilai rata-ratakelas sampel yang memenuhi KKM yaitu ≥ 75
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:22 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27997 |
