Afriyanti, Sri Lova (2019) Kompetensi Sosial Tenaga Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SRI_LOVA_AFRIYANTI_15002030_4006_2019.pdf [thumbnail of B1_01_SRI_LOVA_AFRIYANTI_15002030_4006_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SRI_LOVA_AFRIYANTI_15002030_4006_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi sosial tenaga
administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang.
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah seberapa mampu kompetensi sosial
tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota
Padang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Kompetensi
sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota
Padang yang dilihat dari aspek beradaptasi dengan lingkungan, berkomunikasi
efektif, bekerja sama dalam tim, memiliki kesadaran berorganisasi, dan
memberikan pelayanan prima.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi seluruh tenaga administrasi
sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang yang berjumlah
115 orang. Penelitian ini merupakan penelitian sampel. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling sehingga didapatkan
responden berjumlah 63 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model
skala likert dengan lima alternatif jawaban, yaitu (SM), (M), (CM), (KM), dan
(TM), yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji coba pada 20
responden di dalam populasi tetapi diluar dari sampel yang ditetapkan. Angket ini
dinyatakan valid dengan rhohitung > dari rhotabel yaitu 0,478>0,444 dengan taraf
kepercayaan 95% dan reliabilitas dinyatakan reliabel dengan rhohitung > dari rhotabel
yaitu 0,478>0,444. Untuk data penelitian diolah menggunakan rumus rata-rata
(mean).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial tenaga
administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang
dilihat dari aspek dalam beradaptasi dengan lingkungan berada pada kategori
tinggi dengan skor rata-rata 3,68. Untuk aspek dalam berkomunikasi efektif
berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,72. Untuk aspek dalam bekerja
sama dalam tim berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,75. Untuk
aspek dalam memiliki kesadaran berorganisasi berada pada kategori tinggi dengan
skor rata-rata 3,67. Selanjutnya aspek dalam memberikan pelayanan prima berada
pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,66. Secara keseluruhan kompetensi
sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota
Padang berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,69. Berdasarkan hasil
tersebut penulis menyarankan agar kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah
dipertahankan serta perlu ditingkatkan lagi sehingga dapat meningkatkan
kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah dalam menjalankan tugas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Sosial, Tenaga Administrasi Sekolah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:45 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 00:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2799 |