Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO Kabupaten Agam

Denti, Rizka (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZKA_DENTI_73772_2928_2011.pdf] Text
final_B1_RIZKA_DENTI_73772_2928_2011.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui penerapan model pembelajaran Cooperatif tipe Make A Match pada mata
pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO
Kabupaten Agam .
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
secara kolaborasi dengan guru bidang studi dan teman sejawat yang bertindak
sebagai obsever dan peneliti sebagai guru mata pelajaran IPS Terpadu. Objek
penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO Kabupaten
Agam. Jumlah siswa kelas VIIA sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 9 orang siswa
perempuan dan 11 orang siswa laki-laki.
Hasil penelitian ini memperlihatkan temuan secara keseluruhan baik
aktivitas belajar maupun hasil belajar. Dari siklus I rata-rata aktivitas positif
55,3%, pada siklus II meningkat menjadi 66,75%, pada siklus III meningkat
menjadi 69,25% dan pada siklus IV meningkat menjadi 83,25%. Sedangkan
aktivitas negatif mengalami penurunan yaitu siklus I rata-rata aktivitas negatif
39,38%, pada siklus II menurun menjadi 34,38%, pada siklus III menurun menjadi
22,5%, dan pada siklus IV menurun menjadi 15%. Perbedaan pada Siklus I, II, III
dan IV terdapat dari cara guru membagi kelompok dan penggunaan media ajar.
Hasil belajar siswa juga meningkat dari 63,75% menjadi 70,8% siswa yang tuntas
pada siklus IV.
Penelitian ini menyarankan kepada: 1) kepala sekolah hendaknya dapat
mensosialisasikan model pembelajaran cooperatif tipe Make A Match khususnya
pada guru IPS Terpadu, 2) guru agar dapat mengaplikasikan model pembelajaran
cooperatif tipe Make A Match dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:21
Last Modified: 28 Oct 2025 10:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27985

Actions (login required)

View Item
View Item