Oktaharius, Oktaharius (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) di Kelas V SDN 15 Belakang Pondok Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_OKTAHARIUS_07542_557_2011.pdf
Download (262kB)
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah, siswa belummampu menjawab pertanyaan tentang isi bacaan dan belum mampu mementukangagasan utama, penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saatpembelajaran membaca pemahaman. Permasalahan yang akan diteliti adalahbagaimana peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakanpembelajaran kooperatif tipe CIRC di kelas V SDN 15 Belakang Pondok PadangSelatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatankemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan pembelajaran kooperatiftipe CIRC di kelas V SD pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatankualitatif dan kuantitatif Perencanaan penelitian disusun meliputi : 1) lokasipenelitian, 2) subjek penelitian, 3) waktu, 4) alur penelitian, 5) studipendahuluan/refleksi awal, 6) perencanaan, 7) tahap pelaksanaan, 8) tahappengamatan, dan 9) tahap refleksi.. Data dikumpulkan dengan menggunakanteknik observasi dan pencatatan lapangan. Sumber data dari hasil observasi danhasil belajar siswa.Hasil yang dicapai dari 20 orang siswa pada siklus I masih dikategorikanbelum berhasil, karena hasil belajar siklus I yaitu 65,4 dan pada siklus IIdilakukan perbaikan, hasil yang dicapai lebih baik yaitu 81,2 dengan kategorisangat baik. Proses pembelajaran membaca pemahaman meningkat denganmenggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Siswa sudah mampu menjawabpertanyaan dengan benar dan dapat menentukan gagasan utama dari bacaandengan tepat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA, PEMBELAJARAN KOOPERATIF | 
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos | 
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:21 | 
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:21 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27983 | 
         