Mardion, Rizi (2011) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Sebagai Pelanggan Atas Dimensi Kualitas Pelayanan Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer (UPT Puskom) Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIZI_MARDION_84835_5865_2011.pdf
Download (449kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Kepuasan mahasiswa
atas dimensi Bukti Fisik (Tangibles) UPT Puskom Universitas Negeri Padang.
(2) Kepuasan mahasiswa atas dimensi Keandalan Dalam Menyampaikan Jasa
(Reliability) UPT Puskom Universitas Negeri Padang. (3) Kepuasan mahasiswa atas
dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) UPT Puskom Universitas Negeri Padang.
(4) Kepuasan mahasiswa atas dimensi perhatian tulus pada pelanggan (Empathy)
UPT Puskom Universitas Negeri Padang. (5) Kepuasan mahasiswa atas dimensi
Jaminan (Assurance) UPT Puskom Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif, dimana penelitian deskriptif tidak
dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa
adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Penelitian ini menggambarkan
apa adanya tentang tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan atas dimensi
kualitas pelayanan unit pelaksana teknis pusat komputer (UPT Puskom) Universitas
Negeri Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri
Padang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 186 responden dengan metode
pengambilan sampel Multiple Stage Sample. Jenis data yang digunakan adalah data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kepuasan mahasiswa atas dimensi
kualitas pelayanan UPT Puskom Universitas Negeri Padang diperoleh AP (Angka
Persentase) sebesar 61.89%. Angka ini berada pada pada rentang 61-80%. Ini berarti
Tingkat Kepuasan Mahasiswa Atas Dimensi Kualitas Pelayanan UPT Puskom
Universitas Negeri Padang memenuhi kepuasan mahasiswa dalam kategori Puas
tetapi dengan persentase yang masih rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan
mahasiswa atas dimensi kualitas pelayanan UPT Puskom Universitas Negeri Padang
memenuhi kepuasan mahasiswa dalam kategori Puas tetapi dengan persentase yang
masih rendah. UPT Puskom Universitas Negeri Padang masih harus banyak
melakukan perbaikan disemua aspek dimensi kualitas pelayanan untuk tercapainya
kepuasan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 10:19 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 10:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27977 |
