Hubungan Harga Kamar dengan Keputusan Pembelian Jasa Kamar oleh Konsumen di Premier Basko Hotel Padang

Gusti, Edo Febrian (2013) Hubungan Harga Kamar dengan Keputusan Pembelian Jasa Kamar oleh Konsumen di Premier Basko Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_EDO_ FEBRIAN_ GUSTI_99124_2013.pdf] Text
final_B1_11_EDO_ FEBRIAN_ GUSTI_99124_2013.pdf

Download (702kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap tingkat hunian
kamar di Premier Basko Hotel yang mengalami penurunan dari bulan ke bulan, ini
disebabkan karena keputusan pembelian jasa kamar oleh konsumen tidak stabil
selama bulan Juli – Oktober tahun 2012, selain itu disebabkan oleh harga kamar
yang ditawarkan oleh Premier Basko Hotel selalu mengalami perubahan dan terus
mengalami kenaikan, serta tidak diikuti dengan peningkatan fasilitas, pelayanan
dan lain-lainya yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga kamar dengan keputusan
pembelian jasa kamar oleh konsumen di Premier Basko Hotel.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah tamu yang menginap di Premier Basko Hotel. Populasi dari
penelitian ini berjumlah 1248 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini
berjumlah 93 orang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakkan sampel
insedental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
(angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripsi dan korelasi
dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 18.00.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui untuk harga kamar, dengan
indikator penilaian konsumen menunjukan kategori baik (60%). Sedangkan untuk
keputusan pembelian dengan indikator pengenalan kebutuhan, pencarian
informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian dan perilaku sesudah
membeli, menunjukkan kategori baik (97%). Hasil uji Korelasi Pearson Product
Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif cukup kuat dan
signifikan antara harga kamar dengan keputusan pembelian jasa kamar oleh
konsumen di Premier Basko Hotel dengan rhitung 0,340 dan pada taraf Sig 0,001.
Artinya semakin baik penilaian konsumen terhadap harga kamar maka semakin
tinggi keputusan pembelian jasa kamar oleh konsumen di Premier Basko Hotel.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga kamar, keputusan pembelian jasa kamar, konsumen
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:16
Last Modified: 28 Oct 2025 10:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27968

Actions (login required)

View Item
View Item