Pengaruh Penggunaan Contract Learning terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP N 27 Padang dan SMP N 1 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi

Liborty, Rizca (2011) Pengaruh Penggunaan Contract Learning terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP N 27 Padang dan SMP N 1 Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZCA_LIBORTY_73779_2617_2011.pdf] Text
final_B1_RIZCA_LIBORTY_73779_2617_2011.pdf

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar
siswa yang di beri contract learning dengan yang tidak diberi contract learning
pada pokok bahasan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan
pola permukiman di kelas VII SMP N 27 Padang dan SMP N 1 Cerenti
Kabupaten Kuantan Singingi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah
hasil belajar siswa diberi contract learning lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa yang tidak diberi contract learning.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP N 27 Padang dan SMP N 1 Cerenti. Sampel dipilih
dengan menggunakan teknik “ purposive sampling”, yang menjadi sampel adalah
kelas VII6 di SMP N 27 Padang sebagai kelas eksperimen dan VII3 di SMP N 1
Cerenti sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 39 orang siswa dan
kelas kontrol berjumlah 40 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah melalui tes. Teknik analisa data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian adalah : hasil belajar siswa yang diberi contract learning
pada pembelajaran ekonomi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa
diberikan contract learning, dimana nilai rata-rata siswa pada kelas yang
diberikan contract learning 75,17 dan nilai rata-rata siswa yang tidak diberikan
contract learning 67,7 dan dari hasil uji Z diperoleh Zo=.2,09 dan Ztabel pada
a=0,05 sebesar 1,96 sehingga Zo> Ztabel
Untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, di sarankan
kepada guru untuk dapat mempertimbangkan metode pembelajaran aktif tipe
contract learning sebagai alternatif dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:16
Last Modified: 28 Oct 2025 10:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27967

Actions (login required)

View Item
View Item