Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Yusnelly, Yusnelly (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUSNELY_09472_2553_2011.pdf] Text
final_B1_YUSNELY_09472_2553_2011.pdf

Download (278kB)

Abstract

Pembelajaran menulis pantun diSekolah Dasar IV bertujuan agar siswa
mampu menulis pantun sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan kata, kalimat, dan
biramanya. Berdasrkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan
menulis pantun siswa kelas IV SD Angkasa II Lanud Padang masih rendah. Untuk
meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa SD dipakai media gambar halhal
yang dilakukan meliputi: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, yang terdiri dari
tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan Penelitian ini meliputi: 1) Studi
Pendahuluan, penyusunan perencanaan tindakan, dan 2) Kegiatan pelaksanaan
penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen utama dalam
penelitian ini adalah peneliti sebagai Praktisi dan Guru kelas V sebagai pengamat,
yang disertai dengan instrument penunjang yakni pedoman pengamatan, media
gambar dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis
data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis pantun menggunakan media
gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa dikelas IV SD.
Hal ini tercemin dari: 1) Rencana pembelajaran telah mencangkup hal-hal yang
menjadi dasar penyusunan perencanaan, 2) Rencana pembelajaran berdasarkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan memperhatikan minat dan
kebutuhan siswa, dan 3) Rencana pembelajaran telah membuat tugas-tugas
pembelajaran secara jelas dan rinci yang mendukung pencapaian tujuan. Pada
tahap pelaksanaan juga terjadi peningkatan, peningkatan terlihat pada setiap tahap
pembelajaran mulai dari tahap a) Prapenulisa, b) Penulisan, dan c)
Pascapenulisan. Pada tahap penilaian, guru tidak hanya melaksanaan penilaian
hasil tetapi juga melaksanakan penilaian proses. Pada penilaian hasil didapat
dalam peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I yaitu 69 dan siklus II 86.
Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan menulis pantun melalui
media gambar dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:15
Last Modified: 28 Oct 2025 10:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27965

Actions (login required)

View Item
View Item