Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Problem Possing dengan creative Problem Solving pada Kuliah Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Yenti, Riza (2009) Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Problem Possing dengan creative Problem Solving pada Kuliah Manajemen Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIZA_YENTI_48760_2009.pdf] Text
final_B1_RIZA_YENTI_48760_2009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti perkuliahan. Kesulitan
ini diduga karena berbagai faktor, salah satunya adalah tingkat kesulitan mata kuliah
itu sendiri, sehingga hampir 80% mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini
memperoleh nilai yang kurang memuaskan.berdasarkan permasalahan diatas maka
perlu dilakukan suatu tindakan untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar. Pemecahan masalah yangpenulis ajukan adalah
dengan menerapkan problem possing dengan creative problemsolving. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan problem
possing dengan creative problem solving pada mata kuliah manajemen keuangan
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dimaksud
untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang dikenakan pada subjek
penelitian. Subjek penelitian digunakan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai pemberlakuan dengan menggunakan
problem possing , kelas kontrol dengan menggunakan creative problem solving.
Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 66 orang sebagai kelas
eksperimen , dan 32 orang sebagai keleas kontrol.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Terdapat
perbedaan hasil belajar manajemen keuangan mahasiswa FE menggunakan problem
possing dengan creative problem solving. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar
manajemen keuangan mahasiswa FE laki-laki dan perempuan menggunakan problem
possing. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar manajemen keuangan antara mahasiswa
laki-laki dan perempuan dengan menggunakan Creative Problem Solving. 4) Terdapat
Interaksi Antara Metode Pembelajaran Dengan Jenis Kelamin Dalam Menentukan
Hasil Belajar
Saran yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Kepada
Dosen Mata Kuliah yang menerapkan strategi mengajar dengan menggunakan metode
Problem Possing dan Creative Problem Solving, lebih baik menggunakan metode
Creative Problem Solving. Karena dengan pendekatan metode Creative Problem
Solving diharapkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan
dapat meningkat dari pada Problem Possing. 2) Kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi
untuk dapat meningkatkan lagi motivasinya dalam belajar, agar hasil belajar yang
diperoleh dapat lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Hasil Belajar Problem Possing dengan Creative Problem Solving
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 10:13
Last Modified: 28 Oct 2025 10:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item
View Item