Abdurahman, Abdurahman (2011) Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memainkan Alat Musik Tenor Drum Band dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SD Negeri 09 Ulu Gadut Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ABDURAHMA_93735_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran masih bersifat monoton dan pengembangan aspek kognitif, afektif
dan psikomotor peserta didik kurang berkembang dengan baik, sehingga
keterampilan dan hasil belajar SBK peserta didik belum sesuai dengan yang
diharapkan karna masih banyak siswa yang belum trampil dalam memainkan alat
musik tenor. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa
dalam proses pembelajaran SBK di kelas IV SDN 09 Ulu Gadut Kecamatan
Lubuk Kilangan Kota Padang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Pendekatan kualitatif ”Digunakan karena pelaksanaan penelitian ini terjadi
secara ilmiah,apa adanya dalam situasi normal dan tidak di manipulasi dengan
kondisi nya”,kwantitatif adalah ilmu yang berkaitan tentang pengumpulan data
untuk mendapatkan hasil guna. .
Hasil penelitian dari setiap siklus yang di laksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan keterampilan siswa pada pembelajaran memainkan alat musik
tenor drumband dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses di kelas IV
SD 09 ulu gadut bandar buat kota padang,di lihat dari hasil proses pembelajaran
akhir pada siklus pada rencana pembelajaran di peroleh persentase 78%
pertemuan II 82% dan pada siklus II pertemuan I 82 %,dan hasil pengamatan pada
aspek guru di peroleh 78% ,aspek siswa 75%,pada pertemuan II dari aspek guru
78% dan aspek siswa 82%,selanjut nya pada siklusII dari aspek guru 85 % dan
aspek siswa 89%,selanjut nya pada penilaian siklus I pertemua nilai yang di
peroleh nilai proses 72 nilai hasil73 pertemuan II nilai proses 74 nilai hasi 74 dan
pada siklus II nilai proses 81 dan nilai hasil 83, berdasarkan hasil tersebut dapat di
simpulkan penelitian ini menunjukan bahwa,penggunaan pendekatan keterampilan
proses dapat meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran SBK di kelas
IV SDN 09 Ulu Gadut Bandar Buat Kota Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:18 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27935 |
