Pemanfaatan Media CD Interaktif pada Mata Diklat Menggambar dengan Perangkat Lunak (MDPL) Siswa Kelas XI SMKN 1 Tilatang Kamang

Kontia, Azean (2015) Pemanfaatan Media CD Interaktif pada Mata Diklat Menggambar dengan Perangkat Lunak (MDPL) Siswa Kelas XI SMKN 1 Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AZEAN_KONTIA_2404-2015.pdf] Text
B1_01_AZEAN_KONTIA_2404-2015.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih adanya siswa yang
memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) karena kurang
baiknya metode pembelajaran mata diklat Menggambar Dengan Perangkat Lunak
(MDPL). Pemanfaatan media CD Interkatif diharapkan dapat meningkatkan
interaksi guru dan siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan bagaimana manfaat media CD Interaktif dalam proses belajar
mengajar di SMK Negeri 1 tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersikap deskriptif.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan yang
berjumlah 15 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
lembar observasi, kuesioner dengan menggunakan skala Guttman dan panduan
wawancara.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media CD
Interaktif pada siswa SMK Negeri 1 Tilatang Kamang termasuk dalam kategori
bermanfaat karena hasil perbedaan rata-rata nilai siswa antara sebelum dan
sesudah menggunakan media CD Interaktif meningkat. Deskripsi data kuesioner
yang disebarkan kepada responden, menunjukkan rata-rata jawaban siswa berada
dikategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Feb 2025 08:04
Last Modified: 26 Feb 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item
View Item