Pratama, Riyo Hilda (2010) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RIYO_HILDA_PRATAMA_77677_1336_2011.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh persepsi siswa
tentang proses pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS
terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. (2)
Pengaruh persepsi siswa tentang proses pembelajaran terhadap motivasi belajar
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. (3) Pengaruh
persepsi siswa tentang proses pembelajaran terhadap hasil belajar IPS terpadu
melalui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang
Kabupaten Solok.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok
sebanyak 112 orang. Teknik penarikan sampel dengan proporsional random
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Teknik analisis data:
analisis deskriptif, analisis induktif, dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan
antara pengaruh persepsi siswa tentang proses pembelajaran terhadap hasil
belajar IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok
dengan sig 0,008<α=0,05;thitung = 2,721 > ttabel=1,663 (2) terdapat pengaruh yang
signifikan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok dengan
sig 0,002 < α = 0,05;thitung=3,248>ttabel=1,663 (3) terdapat pengaruh yang
signifikan persepsi siswa tentang proses pembelajaran terhadap hasil belajar IPS
terpadu melalui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Talang
Kabupaten Solok dengan sig 0,000<α = 0,05;thitung=3,960>ttabel=1,663. Rata-rata
hasil belajar IPS terpadu siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2009-2010 yaitu
63,37 berada pada kriteria rendah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada guru IPS terpadu
untuk bersikap positif terhdap siswa dan membagikan silabus kepada siswa
dalam proses pembelajaran, sehingga siswa bersemangat dalam belajar yang
akan mempengaruhi motivasi belajar siswa, serta akan berpengaruh terhadap
hasil belajar. Serta kepada siswa agar meningkatkan motivasi belajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:08 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27896 |
