Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pemberlajaran Kooperatif Tipe the Learning Cell dengan Menggunakan Strategi Ekspositori pada Siswa Kelas X SMKN 1 Payakumbuh.

Oknaryana, Oknaryana (2011) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Strategi Pemberlajaran Kooperatif Tipe the Learning Cell dengan Menggunakan Strategi Ekspositori pada Siswa Kelas X SMKN 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OKNARYA_84772_5571_2011.pdf] Text
final_B1_OKNARYA_84772_5571_2011.pdf

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasilbelajar antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe the learningcell dengan siswa yang diajar dengan strategi ekspositori. Penelitian ini merupakanjenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada pembelajaran ekonomi siswakelas X SMKN 1 Kota Payakumbuh dengan pokok bahasan “Masalah EkonomiMakro”.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 KotaPayakumbuh, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X AP-2 sebagaikelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran The Learning Cell dan X PM-2sebagai kelas kontrol yang menerapkan strategi ekspositori. Data diperoleh dari hasiltes formatif, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif daninferensial, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji z pada pretest dengan α = 0,05,diperoleh zhit = 0,12 dan ztab = 1,96 sehingga zhit < ztab maka Ho diterima dan Haditolak, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pretest antara kelasthe learning cell dengan kelas ekspositori. Hal ini menunjukkan bahwa sebelumperlakuan diberikan kemampuan kedua kelas sampel adalah relatif sama. Hasilperhitungan pada postest menunjukkan bahwa zhitung 3,21 dan ztabel 1,96 pada α 0,05.Jadi zhitung > ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaanyang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan strategipembelajaran aktif tipe The Learning Cell dengan hasil belajar siswa yangmenggunakan strategi ekspositori.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran denganmenggunakan the learning cell dan ekspositori sama-sama dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dan jika dibandingkan maka strategi pembelajaran aktif tipe TheLearning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingkandengan strategi ekspositori. Untuk itu disarankan kepada guru untuk dapatmempertimbangkan pembelajaran the learning cell sebagai alternatif dalam prosespembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:15
Last Modified: 28 Oct 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27892

Actions (login required)

View Item
View Item