Pengaruh Pemberian Tes Uraian di Akhir Pembelajaran Metode Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 3 Rambatan.

Mamarita, Oka Aulia (2012) Pengaruh Pemberian Tes Uraian di Akhir Pembelajaran Metode Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 3 Rambatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OKA AULIA MAMARITA_5108.pdf] Text
final_B1_OKA AULIA MAMARITA_5108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran biologi, danrespon siswa terhadap pertanyaan guru, serta jarangnya pengecekan pemahamansiswa seperti tes tertulis di akhir pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasilbelajar biologi siswa kelas VII SMPN 3 Rambatan. Untuk mengatasi masalahtersebut, guru dapat memilih pendekatan, metode, model atau media pembelajaranyang sesuai. Salah satunya yaitu pemberian tes uraian di akhir pembelajaranmetode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpemberian tes uraian di akhir pembelajaran metode diskusi kelompok terhadaphasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 3 Rambatan.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakanrancangan The Static Group Comparison Design (kelompok satu diberi perlakuandan kelompok kedua sebagai pengontrol). Populasi penelitian adalah seluruhsiswa kelas VII SMP Negeri 3 Rambatan. Pengambilan sampel menggunakanteknik Purposive Sampling dengan kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelasVII 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupates hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji t karena data berasaldari populasi yang normal dan varians yang homogenDari hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen 69,17 lebih tinggidaripada kelas kontrol yang nilai rata-rata 62,04. Setelah data dianalisisdidapatkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan pemberian tes uraian di akhirpembelajaran metode diskusi kelompok berpengaruh positif terhadap hasil belajarbiologi siswa kelas VII SMPN 3 Rambatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBERIAN TES URAIAN, PEMBELAJARAN METODE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:06
Last Modified: 28 Oct 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item
View Item