Penerapan Metode True or False Statement dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Lubuk Sikaping

Wati, Mesra (2010) Penerapan Metode True or False Statement dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MESRAWATI_65078_2010.pdf] Text
final_B1_MESRAWATI_65078_2010.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Metode True Or
False Statement. Dengan Metode True Or False Statement ini diharapkan dapat
meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di MAN Lubuk Sikaping.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room
action reserch) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bidang studi
yang bertindak sebagai observer, dimana peneliti melakukan tindakan sebagai
guru mata pelajaran ekonomi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2
MAN Lubuk Sikaping. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2010.
Terdiri dari dua siklus. Siklus I untuk dua kali pertemuan dan siklus II untuk dua
kali pertemuan. Data yang dikumpulkan berhubungan dengan aktivitas belajar
siswa sesuai langkah-langkah dalam Metode True Or False Statement berupa
lembaran observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa selama
proses belajar mengajar dengan cara memberikan tanda checklist pada alternatif
tertentu. Dimana data ini digunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar
siswa pada siklus I dan II selama penerapan Metode True Or False Statement.
Dan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran yang diberikan selama penelitian yang diujikan pada setiap akhir
siklus. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa
dalam pembelajaran dengan Metode True Or False Statement sudah menunjukkan
kemajuan yang berarti yaitu adanya aktivitas yang berada pada kriteria baik
sekali. Aktivitas yang masih rendah berada pada indikator aktivitas mengajukan
pertanyaan dengan rata-rata 46,34% dengan kriteria cukup. Rata-rata hasil belajar
yang diperoleh oleh siswa adalah 65,19, dengan 23 orang siswa yang tuntas dari
41 orang siswa dengan persentase 56,10%. Pada siklus II aktivitas dan hasil
belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan. Untuk aktivitas belajar siswa
dapat dikategorikan baik dan baik sekali. Untuk hasil belajar pada siklus II telah
diperoleh rata-rata 70,85 dengan 35 orang siswa yang tuntas dari 41 orang siswa
dengan persentase 85,37%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan
hasil belajar ekonomi siswa dapat meningkat dengan penerapan Metode True Or
False Statement. Oleh sebab itu disarankan kepada guru-guru MAN Lubuk
Sikaping untuk dapat menerapkan Metode True Or False Statement sebagai salah
satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:05
Last Modified: 28 Oct 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item
View Item