Yolastri, Yolastri (2011) Analisis Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dengan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 1 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YOLASTRI_77658_2212_2011.pdf
Download (596kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan metode PQ4R terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Lubuk Basung dan perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode PQ4R dengan tanpa menggunakan metode PQ4R. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Basung tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 298 orang, sampel yang diambil adalah kelas X2 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang dan kelas X3 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Tes yang diberikan berupa tes objektif pilihan ganda, sebelum diberikan tes diujicobakan untuk menguji validitas, realibilitas, indeks kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan metode PQ4R memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan metode PQ4R dapat dilihat dari nilai rata-rata kedua kelas sampel. Kelas eksperimen yang menggunakan metode PQ4R memiliki rata-rata 70,46 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan motode ceramah dan tanya jawab memiliki rata-rata 63,76. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhit 3,72 dan Ztab 1,96 berarti Zhit > Ztab sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi dengan metode PQ4R dibanding metode ceramah dan tanya jawab siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Basung. Hal ini berarti metode PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Basung. Penelitian ini masih terbatas pada materi kelas X SMA standar kompetensi menganalisis kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi., diharapkan ada penelitian lanjutan untuk materi lain dan ruang lingkup yang lebih luas serta tampilan yang lebih baik
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, METODE PQ4R, METODE CERAMAH, MATA PELAJARAN EKONOMI |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:03 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:03 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27845 |
