Asni, Del (2011) Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Membuat Bunga dari Kertas Koran Melalui Strategi Cooperative tipe Direct Learning Kelas VIII 1 di SMPN 2 Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_DEL_ASNI_52793_242_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dari hasil pengamatan penulis selama mengajar keterampilan, kreativitas
siswa kurang dalam membuat bunga dari kertas koran , hal ini disebabkan oleh
strategi dan model pembelajaran yang diterapkan guru kurang cocok dengan materi
membuat bunga dari kertas koran. Kreativitas dalam penelitian ini dapat dilihat dari
empat indikator kerja yaitu: rasa ingin tahu siswa dalam membuat bunga,
keberanian siswa mendesain motif, menciptakan ide-ide baru dalam mendesain
motif, dan mendapatkan pengalaman baru.Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatan kreativitas siswa membuat bunga dari kertas koran di SMPN 2 Lareh
Sago Halaban.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri II siklus
dan setiap siklus 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 2 Lareh
Sago Halaban, yang berjumlah 32 orang siswa di kelas VIII1. Dalam penelitian ini
terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dengan
mengunakan strategi cooperative tipe direct learning. Analisis data kuantitatif dan
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa rata-rata persentase
keempat indikator 82% dikategorikan baik sekali.Dapat disimpulkan bahwa strategi
cooperative tipe direct learning dapat meningkatkan kreativitas dalam membuat
bunga dari kertas koran, dan disarankan kepada guru-guru terutama yang mengajar
mata pelajaran keterampilan menerapkan strategi cooperative tipe direct learning
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TX Home economics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 01:00 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 01:00 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27825 |
