Persepsi Guru Pamong Tentang Kemampuan Mahasiswa S1 Tata Boga dalam Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan di SMK Pariwisata Sumbar

Dewi, Ayu Prastika (2015) Persepsi Guru Pamong Tentang Kemampuan Mahasiswa S1 Tata Boga dalam Kegiatan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan di SMK Pariwisata Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_AYU_PRASTIKA_DEWI_13887_2455_2015.pdf] Text
final_B1_11_AYU_PRASTIKA_DEWI_13887_2455_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara penulis terhadap beberapa
guru pamong Mahasiswa S1 Tata Boga yang memiliki persepsi negatif terhadap
kemampuan sosial dan kepribadian dari mahasiswa yang sedang melaksanakan
PPLK. Diantaranya seperti, mahasiswa kurang percaya diri tampil di depan kelas,
dan mahasiswa sering terlambat ke sekolah yang mengarah pada kemampuan
kepribadian. Kemudian mahasiswa yang hanya bertegur sapa terhadap guru
pamong serta sering bersikap acuh terhadap lingkungannya yang mengarah pada
kemampuan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk
mendeskripsikan persepsi guru pamong tentang kemampuan kepribadian dan
sosial mahasiswa S1 Tata Boga dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan
Kependidikan di SMK Pariwisata Sumbar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi pada
penelitian ini adalah guru pamong di SMK Pariwisata Sumbar yang berjumlah 43
orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh, yaitu semua
anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan
penyebaran angket berdasarkan Skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripstif dengan
metode pengkategorian skor dan persentase penilaian.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara umum persepsi guru
pamong tentang kemampuan mahasiswa S1 Tata Boga pada persentase 0%
dikategorikan sangat baik, 34,88% dikategorikan baik, 62,79% dikategorikan
cukup baik, 2,32% dikategorikan kurang baik, dan 0% dikategorikan tidak baik.
Selanjutnya, pada indikator kemampuan kepribadian 0% dikategorikan sangat
baik, 37,20% dikategorikan baik, 60,46% dikategorikan cukup baik, 2,32%
dikategorikan kurang baik, dan 0% dikategorikan tidak baik. Indikator
kemampuan sosial 0% dikategorikan sangat baik, 39,53% dikategorikan baik,
55,81% dikategorikan cukup baik, 2% dikategorikan kurang baik, dan 0%
dikategorikan tidak baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 27 Oct 2025 00:51
Last Modified: 27 Oct 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item
View Item