Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Siswa Kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang

Nuryanis, Nuryanis (2011) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education pada Siswa Kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURYANIS_83323_2011.pdf] Text
final_B1_NURYANIS_83323_2011.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwapada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SDNegeri 31 Pasir Kandang Kota Padang, guru belum mengaitkan pembelajarandengan kehidupan dunia nyata siswa, kemudian pembelajaran belum diawalidengan permasalahan yang nyata bagi siswa. Kondisi demikian mengakibatkansiswa mengalami kesulitan dalam menjumlahkan pecahan berpenyebut berbedadan hasil belajar siswa pada materi tersebut belum sesuai dengan KKM yang telahditetapkan, yaitu besar dari 65. Karena rendahnya hasil belajar siswa, makadilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang pada materi penjumlahanpecahan berpenyebut berbeda dengan pendekatan RME.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang,dengan jumlah siswa 27 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian inimeliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus dengan materi penjumlahan pecahan berpenyebutberbeda. Dan data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatanterhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa pada akhir setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan persentaseperolehan skor dari siklus I ke siklus II pada: (a) penilaian terhadap RPP dari71,4% menjadi 85,7%, (b) pelaksanaan RME aspek guru dari 81,25% menjadi100% dan aspek siswa dari 68,75% menjadi 87,5%, dan (c) hasil belajar kognitifdari 59,6% menjadi 78,9%, hasil belajar afektif meningkat dari 63,4% menjadi86,3%, dan untuk hasil belajar psikomotor meningkat dari 70,3% menjadi 87,5%.Dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam penelitian ini, maka dapatdisimpulkan bahwa penggunaan pendekatan RME pada pembelajaranpenjumlahan pecahan berpenyebut berbeda dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PENJUMLAHAN PECAHAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Oct 2025 00:49
Last Modified: 27 Oct 2025 00:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27807

Actions (login required)

View Item
View Item