Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MIN Lubuk Buaya Kota Padang.

Nurwatni, Nurwatni (2011) Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MIN Lubuk Buaya Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURWATNI_10504_211_2011.pdf] Text
final_B1_NURWATNI_10504_211_2011.pdf

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melaluipendekatan kontekstual pada siswa kelas VI MIN Lubuk Buaya Kota Padang,pada tahun pembelajaran 2010/2011.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atasempat tindakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap tindakan,yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalahsiswa kelas VI MIN Lubuk Buaya Kota Padang. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumenpenilaian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara dan lembarcatatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran denganmenggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPAsiswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada: a) rata-rata skor aspekafektif siswa pada siklus pertama 71,05 termasuk criteria cukup, siklus keduameningkat menjadi 80,80 dikategorikan dengan baik; b). rata-rata skor aspekpsikomotor siswa pada siklus pertama adalah 73,90 termasuk kriteria cukup, padasiklus kedua 84,20 dengan kategori baik; c) rata-rata skor aspek kognitif siswapada siklus pertama adalah 70,9 dengan 20 siswa mencapai kriteria ketuntasanminimal, pada siklus kedua menjadi 9,34 dengan 25 siswa mencapai kriteriaketuntasan minimal, ketuntasan yang dicapai 89% .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN KONTEKSTUAL, HASIL BELAJAR IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 27 Oct 2025 00:44
Last Modified: 27 Oct 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27785

Actions (login required)

View Item
View Item