Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011.

Hasanah, Nurul (2010) Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURUL HASANAH_83897_2011.pdf] Text
final_B1_NURUL HASANAH_83897_2011.pdf

Download (191kB)

Abstract

Hasil belajar dan aktivitas siswa SMPN 4 Payakumbuh masih rendah. Halini disebabkan oleh pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan siswacenderung pasif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukandalam mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalahdengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams AssistedIndividualization. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ratarata hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Teams Assisted Individualization lebih tinggi dibandingkan pembelajarankonvensional. 2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa yang pembelajarannyamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams AssistedIndividualization?.Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancanganRandomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelasVIII SMPN 4 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011,sampel yang terpilih untuk kelas eksperimen adalah siswa kelas VIII6 sebanyak 36siswa dan untuk kelas kontrol kelas VIII8 sebanyak 36 siswa. Untuk mengujihipotesis digunakan uji-t pada taraf nyata 0,05.Analisis data hasil tes akhir menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajarmatematika siswa dengan menggunakan model kooperatif Tipe Teams AssistedIndividualization lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswadengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analis lembar observasi,menunjukkan bahwa selama diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TeamsAssisted Individualization aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematikamengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL KOOPERATIF, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:57
Last Modified: 24 Oct 2025 09:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27782

Actions (login required)

View Item
View Item