Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Penyebut Berbeda dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 20 Alang Lawas Kota Padang

Syofia, Yelviza (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pecahan Penyebut Berbeda dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 20 Alang Lawas Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YELVIZA_SYOFIA_90771_2921_2011.pdf] Text
final_B1_YELVIZA_SYOFIA_90771_2921_2011.pdf

Download (193kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 20 Alang Lawas, guru kelas IV
dalam mengajarkan matematika masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang
termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik untuk
memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada penjumlahan pecahan
penyebut berbeda melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme ini adalah
suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan
kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri. Langkah-langkah
pembelajaran konstruktivisme, yaitu: (1) apersepsi, (2) eksplorasi, (3) diskusi dan
penjelasan konsep, dan (4) pengembangan dan aplikasi. Tujuan dari penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk
pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme pada pembelajaran penjumlahan pecahan penyebut berbeda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti
dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa serta tes akhir
pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti
yang berjumlah 43 orang.
Hasil penelitian siklus I pada tes akhir rata-rata siswa mencapai 70,5,
sedangkan tes akhir siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 89,8. Penilaian
proses pada siklus I adalah 65,3, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,4.
Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan
pecahan penyebut berbeda

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:56
Last Modified: 24 Oct 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27776

Actions (login required)

View Item
View Item