Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi dengan Menggunakan Media Grafik Gambar Siswa Kelas X 17 SMA Adabiah Padang.

Ahmad, Nuruddin (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi dengan Menggunakan Media Grafik Gambar Siswa Kelas X 17 SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURUDDIN_AHMAD_83501_1696_2011.pdf] Text
final_B1_NURUDDIN_AHMAD_83501_1696_2011.pdf

Download (741kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur peningkatankemampuan menulis eksposisi dengan menggunakan media grafik gambar siswakelas X 17 SMA Adabiah Padang, dan (2) mendeskripsikan hasil peningkatankemampuan menulis eksposisi dengan menggunakan media grafik gambar siswakelas X 17 SMA Adabiah Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjekpenelitian siswa kelas X 17 SMA Adabiah Padang yang berjumlah 46 orang. Datapenelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi untukmelihat proses kegiatan selama siklus 1 dan 2. Selain itu, pemberian tes untukmelihat peningkatan kemampuan menulis eksposisi siswa dan pemberian angketrespon kepada siswa yang diisi siswa setiap akhir siklus.Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkankemampuan menulis eksposisi dalam hal (1) memberikan informasi sehinggaterjawab pertanyaan apa, kapan, dan bagaimana pada siklus 1 dan siklus 2 beradapada kualifikasi baik sekali, (2) disampaikan dengan lugas pada siklus 1 beradapada kualifikasi cukup menjadi meningkat kualifikasi lebih dari cukup pada siklus2, (3) disampaikan dengan bahasa baku berada pada kualifikasi kurang menjadimeningkat kualifikasi lebih dari cukup pada siklus 2, dan (4) disampaikan dengannada netral, tidak memihak, dan tidak memaksakan sikap penulis terhadappembaca pada siklus 1 berada pada kualifikasi baik menjadi meningkat kualifikasibaik sekali pada siklus 2. Penggunaan media grafik gambar dapat meningkatkankemampuan menulis eksposisi siswa. Hal ini terbukti dari hasil tes kemampuanmenulis eksposisi keseluruhan rata-rata meningkat dari siklus 1 berada kualifikasilebih dari cukup menjadi pada kualifikasi baik pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI, MEDIA GRAFIK GAMBAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:54
Last Modified: 24 Oct 2025 09:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27764

Actions (login required)

View Item
View Item