Persepsi Masyarakat Tentang Sarana dan Prasarana Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru

Putri, Yohana Dwi (2011) Persepsi Masyarakat Tentang Sarana dan Prasarana Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOHANA_DWI_PUTRI_80711_2745_2011.pdf] Text
final_B1_YOHANA_DWI_PUTRI_80711_2745_2011.pdf

Download (655kB)

Abstract

Terminal Bandaraya Payung Sekaki Merupakan Terminal Bertipe A, yang disediakan oleh Pemerintah untuk prasarana kota pekanbaru. Dalam pemanfaatannya Terminal Bandaraya Payung Sekaki tidak berjalan seperti yang diharapkan, pengguna jasa angkutan lebih tertarik naik di luar terminal induk, Hal demikianlah yang menyedot perhatian pengguna jasa hingga akhirnya terminal menjadi sepi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Informasi, Mendeskripsikan mengenai Persepsi Masyarakat Tentang Sarana dan Prasarana Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru, (2) Apa Hambatan- hambatan yang di temui Pada Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru, dan (3) Bagaimana Upaya yang dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Pemanfaatan Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian terdiri dari Dinas Perhubungan, Pegawai Trans metro, Organda, Penumpang, Supir, Agen, dan Pedagang. Teknik Pengumpulan data melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil Penelitian menemukan bahwa (1) Persepsi Masyarakat Tentang sarana dan prasarana Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru sudah masuk Pada kriteria sebagai pendukung dalam pemanfaatan Terminal Bandaraya Payung Sekaki, dimana Fasilitas Sarana dan Prasarana telah di sediakan sesuai dengan terminal yang Bertipe A. Dengan Fasilitas yang disediakan berupa Fasilitas utama dan Fasilitas pendukung (2) Hambatan – hambatan yang di temui pada Terminal Bandaraya Payung Sekaki di Kota Pekanbaru, di temui Pada Pengoperasiannya, dimana timbulnya ketertarikan penumpang untuk lebih memilih naik di simpang pintu keluar terminal atau lebih dikenal dengan terminal bayangan dan semakin maraknya travel liar yang lebih menjanjikan perjalanan secara efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya. Hal demikianlah yang sebenarnya menyedot perhatian penumpang untuk menggunakan terminal Bandaraya Payung Sekaki yang telah di sediakan semaksimal mungkin. (3) Upaya yang di lakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pemanfaatan kualitas terminal Bandaraya Payung Sekaki adalah dengan tetap melakukan penertiban yang dilakukan oleh: PJR, DLLAJ, DISHUB. Mencari solusi terbaik memecahkan permasalahan terminal Bandaraya Payung Sekaki Agar bisa di manfaatkan secara optimal, salah satunya dengan cara menambah pola pengoperasian terminal dengan membuka zona – zona pelayanan atau titik-titik pengoperasian di luar dari terminal namun tetap mengarahkan pengoperasian di dalam terminal,dengan syarat di tidak ada PO yang melakukan pengoperasian di luar dari ketentuan yang telah di tetapkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SARANA DAN PRASARANA TERMINAL BANDARAYA PAYUNG SEKAKI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:50
Last Modified: 24 Oct 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item
View Item