Parsi, Nurmila (2011) Pengaruh Penggunaan Model Make a Match dan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMPN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURMILA_PARSI_83090_5661_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat dan motivasidalam memahami pelajaran khususnya pada mata pelajaran Teknologi Informasidan Komunikasi (TIK), kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran,pembelajaran masih didominasi oleh aktivitas guru. Untuk mengatasi hal itu makadigunakan model Make a Match yang digabung dengan media gambar dalamproses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh daripenggunaan Make a Match dan media gambar terhadap hasil belajar siswa padamata pelajaran TIK di kelas VIII SMPN 5 PadangPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat padaquasy eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5Padang yang berjumlah 302 orang yang terdiri dari delapan kelas. Teknikpenarikan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas VIII.8 sebagaikelas eksperimen dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dengan alatpengumpul data yaitu lembaran soal tes. Alat pengumpul data digunakanlembaran tes dan lembar jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan ujiperbedaan (t-tes)Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimenyang menggunakn model Make a Match dan media gambar sebesar 73,55 dan SD8,59, nilai rata-rata kelompok control 67,24 dan SD 8,79. Hasil perhitungan t-tesdiperoleh thitung 3,12 sedangkan taraf kepercayaannya 0.05 ttabel 2,000, sehinggathitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yangsignifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model Make a Matchdan media gambar (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yangmenggunakan model konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa penggunaan model Make a Match dan media gambarberpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada matapelajaran TIK di SMPN 5 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEDIA GAMBAR, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:49 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27738 |
