Yunianto, Yunianto (2011) Pengaruh Penggunaan Intake Manifold Modifikasi terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Hidrokarbon pada Sepeda Motor Honda Supra X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUNIANTO-76772-2011.pdf
Download (967kB)
Abstract
Berbagai perlakuan modifikasi mesin dilakukan untuk mendapatkan
performa mesin agar memiliki tenaga yang besar, irit bahan bakar dan ramah
lingkungan tetapi membutuhkan biaya besar. Penelitian ini bertujuan untuk
menguraikan pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan Intake Manifold
Modifikasi terhadap konsumsi bahan bakar dan kandungan emisi gas buang
hidrokarbon.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, pengujian penelitian
dilakukan pada sepeda motor Honda Supra X dalam berbagai putaran mesin, yaitu
1460 rpm, 2040 rpm, 2525 rpm dan dengan mengganti Intake Manifold standar
dengan Intake Manifold Modifikasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis
dengan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemakaian bahan bakar pada putaran
1460 rpm, 2040 rpm dan 2525 rpm terhadap penggunaan Intake Manifold
Modifikasi menjukkan pengaruh yang positif. Hasil penelitian terdapat
penghematan konsumsi bahan bakar 0.10 cc/menit yaitu pada putaran mesin 1460
rpm, 0.42 cc/menit pada putaran mesin 2040 rpm, dan 0.40 cc/menit pada putaran
mesin 2525 rpm. Dari uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan terhadap
penggunaan Intake Manifold Modifikasi pada tiga variasi putaran mesin pada taraf
signifikasi 5%. Penggunaan Intake Manifold Modifikasi juga memberikan
pengaruh yang positif terhadap kandungan emisi gas buang hidrokarbon rata-rata
disetiap tingkat putaran mesin yaitu mengalami penurunan 91.2 ppm pada puraran
mesin 1460rpm, 95.1 ppm pada putaran mesin 2040, dan 48.5 ppm pada putaran
mesin 2525 rpm. Dari uji statistik terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
penggunaan Intake Manifold Modifikasi pada tiga variasi putaran mesin pada
taraf signifikasi 5%. Hal ini diakibatkan oleh kinerja dari Intake Manifold
Modifikasi lebih baik dibandingkan Intake Manifold standar, dimana terdapat
peningkatan kecepatan aliran campuran bahan bakar-udara yang dapat
menciptakan campuran bahan bakar yang homogen disetiap variasi putaran mesin,
sehingga proses pembakaran menjadi sempurna
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KONSUMSI BAHAN BAKAR, EMISI GAS BUANG HIDROKARBON DAN PENGGUNAAN INTAKE MANIFOLD MODIFIKASI |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 08:26 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:27 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27707 |
