Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bagi siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang

Nelfi, Yefriani (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) bagi siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YEFRIANI_NELFI_83253_2011.pdf] Text
final_B1_YEFRIANI_NELFI_83253_2011.pdf

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan dalam
pembelajaran membaca di kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan. Berdasarkan
permasalahan tersebut, dapat dirumuskan masalah yaitu bagaimana peningkatan
kemampuan membaca intensif pada tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca dengan
menggunakan pendekatan kooperatif tipe CIRC bagi siswa kelas IV SD Negeri 18
Air Tawar Selatan Kota Padang? Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan
membaca intensif siswa adalah dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe
CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca intensif pada tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca dengan menggunakan
pendekatan kooperatif tipe CIRC bagi siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar
Selatan Kota Padang.
Prosedur penelitian yang dilaksanakan peneliti menggunakan metode penelitian
tindakan kelas. Metode penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam dua siklus,
dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan dilanjutkan
dengan perencanaan siklus berikutnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Data-data yang
diperoleh adalah pelaksananaan tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca, selanjutnya
dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan tindakan dan anlisis di atas, maka diperoleh hasil penelitian bahwa
penggunaan pendekatan kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan
membaca intensif bagi siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai membaca siswa pada siklus pertama
69,16, sedangkan pada siklus kedua menjadi 84,5. Hal ini disebabkan siswa terlihat
senang, aktif, dan saling membantu dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan kooperatif tipe CIRC dalam membaca intensif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:25
Last Modified: 24 Oct 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item
View Item