Penerapan Tugas Baca Pemahaman Buku Teks Musik terhadap Peningkatan Hasil Belajar: Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 3 Padang

Prilia, Mervien Gita (2011) Penerapan Tugas Baca Pemahaman Buku Teks Musik terhadap Peningkatan Hasil Belajar: Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MERVIEN_GITA_PRILIA_72887_2013_2011.pdf] Text
final_B1_MERVIEN_GITA_PRILIA_72887_2013_2011.pdf

Download (180kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan hasil belajar
seni musik antara siswa yang belajar dengan tugas baca pemahaman dan siswa
yang belajar dengan metode konvensional pada siswa SMA Negeri 3 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Padang yang
melibatkan siswa kelas X semester 1 Tahun Ajaran 2010/2011. Terkait dengan
tuntutan metode eksperimen, maka kelas yang dilibatkan hanya dua kelas yaitu
kelas X1 yang digunakan untuk kelas kontrol (belajar dengan cara konvensional)
dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen (belajar dengan tugas baca pemahaman).
Data didukung dengan data primer dan data sekunder. Teknik Analisis Data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Normalitas yang menggunakan Uji
Liliford, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis Penelitian yang dilakukan dengan
menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyajian materi
“Mengapresiasi Karya Seni Musik Tradisional” merupakan salah satu bahan ajar
yang diberikan kepada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Padang sesuai dengan
kurikulum yang berlaku, 2) Proses pembelajaran dengan metode eksperimen
Penerapan tugas baca pemahaman buku teks musik menjadi lebih menarik dan
siswa lebih cepat mengingat materi yang diberikan. Hal ini disebabkan karena
dengan menerapkan metode eksperimen siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran dan materi pelajaran yang diberikan wajib diulang dengan adanya
tugas yang diberikan guru, 3) Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. sebesar
0,000 angka ini lebih kecil dari alpha 0,05 (0,000 < 0,05), artinya terdapat
perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar musik dengan tugas baca
pemahaman dari pada yang belajar dengan metode konvensional di SMA Negeri 3
Padang.
Penelitian ini dilakukan pada kelas X2 (kelas eksperimen penerapan tugas
baca pemahaman buku teks) di SMA Negeri 3 dengan materi pokok
“Mengapresiasi Karya Seni Musik Tradisional”, maka sangat diharapkan untuk
penelitian lebih lanjut dapat diberikan pada materi lain atau pun sekolah lain
karena penerapan tugas baca pemahaman buku teks musik dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:22
Last Modified: 24 Oct 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item
View Item