Nurmedris, Nurmedris (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Metode Eksperimen pada X-A S MA Negeri 1 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURMEDRIS-10393-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya kualitas dan kuantitas penguasaan siswa terhadap konsep-konsepFisika mengakibatkan siswa tidak dapat mengaplikasikan konsep-konsep Fisikadalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sisebabkan karena siswa malas membaca,enggan bertanya, dan tidak terbiasa menarik kesimpulan dari buku bacaan. Sesuaidengan tuntutan kurikulum setiap indikator dalam Pembelajaran Fisikamengarahkan siswa untuk mampu mengaplikasikan konsep-konsep Fisika dalamkehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka MetodeEksperimen adalah solusi yang dianggap tepat karena Metode Eksperimen dapatmeningkatkan penguasaan siswa terhadap konsep-konsep Fisika aplikasinyadalam kehidupan masyarakat. Untuk itu perlu dilaksanakan penelitian tindakankelas yang bertujuan melihat pengaruh penerapan Metode Eksperimen terhadapanpeningkatan aktivitas belajar Fisika siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Lengayang.Penelitian ini adalah penelitian kelas (Classroom action research).Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan.Dari setiapkali pertemuan dilaksanakan evaluasi selama 10 menit untuk medapatkan hasilbelajar. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui pengamatan selamapelaksanaan pembelajaran.Pengolahan data dilakukan dengan menghitungpersentase dari aktivitas siswa yang muncul setiap kali pertemuan.Berdasarkan persentase aktivitas belajar yang muncul pada siklus I dengansiklus II menunjukan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan beberapaaktivitas belajar siswa diantaranya: Aktivitas menyimpulkan meningkat 37,18%,aktivitas mengeluarkan pendapat meningkat 2,56%, aktivitas bertanya meningkat28,2%, aktivitas menjawab pertanyaanmeningkat 10,71% dan aktivitas membuatlaporan meningkat 1,71 %. Metode eksperimen juga dapat menghilangkanaktivitas menggangu proses pembelajaran seperti tidak membawa perlengkapanbelajar. Jadi penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA FISIKA, METODE EKSPERIMEN |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 08:19 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:19 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27682 |
