Pengaruh Kreativitas dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa kelas XI Pada SMK Negeri 3 Padang.

Risnayeli, Risnayeli (2011) Pengaruh Kreativitas dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa kelas XI Pada SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RISNAYELI_08077-2072_2011.pdf] Text
final_B1_RISNAYELI_08077-2072_2011.pdf

Download (703kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh
Kreativitas terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XI
SMK N 3 Padang, Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mata
Pelajaran Kewirausahaan Siswa kelas XI SMK N 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif metode
deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara
sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan
antar fenomena yang diselidiki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI jurusan Akuntansi, jurusan Administrasi Perkantoran dan jurusan
Manajemen Bisnis SMK N 3 Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah
sebanyak 71 orang di ambil dengan teknik cluster sampling. Jenis data dalam
penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner, skala pengukuran menggunakan skala Likert, dengan
lima alternatif jawaban. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Kreativitas siswa berdasarkan
deskripsi data menunjukkan bahwa Kreativitas siswa berada pada kategori sedang.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
Kreativitas terhadap Hasil Belajar siswa SMK N 3 Padang dimana t hit <t tab
(1,949 < 1,995). Kemandirian Belajar siswa berdasarkan deskripsi data
menunjukkan hasil bahwa Kemandirian Belajar siswa berada pada kategori tinggi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar siswa SMK N 3 Padang dimana
t hit > t tab (2,560 > 1,995). Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh
secara bersama-sama antara Kreativitas dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil
Belajar siswa SMK N 3 Padang dimana F hit > F tab (6,594 > 2,739), berdasarkan
hasil penelitian maka diketahui bahwa 16,2% Kreativitas dan Kemandirian
Belajar mempengaruhi Hasil Belajar siswa SMK Negeri 3 Padang.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan Kreativitas dan
Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar, berdasarkan kesimpulan hasil
penelitian, kepada siswa disarankan untuk lebih meningkatkan kreativitas dan
kemandirian dalam belajar, agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan dan
bisa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi atau jika tidak melanjutkan
keperguruan tinggi agar bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk membuka
lapangan kerja sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:17
Last Modified: 24 Oct 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item
View Item