Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD negeri 10 Aur Duri Padang.

Nurmaini, Nurmaini (2010) Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD negeri 10 Aur Duri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURMAINI_09494_122_2011.pdf] Text
final_B1_NURMAINI_09494_122_2011.pdf

Download (762kB)

Abstract

Pembelajaran IPA pada materi mengenal bentuk dan sifat benda padat,cair dan gas di kelas IV SDN 10 Aur Duri Padang belum dilaksanakan denganmenggunakan metode yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Gurumasih sering menggunakan cara lama, yaitu pembelajaran satu arah yangdidominasi oleh guru melalui metode ceramah. Dalam pembelajaran guru hanyabersikap sebagai pelaksana tugas dan bukan sebagai pemberi pengalaman belajaryang bermakna bagi siswanya. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaikiproses pembelajaran IPA khususnya materi mengenal bentuk dan sifat bendapadat, cair dan gas melalui metode demonstrasi. Metode demonstrasi dirasamampu mengatasi masalah yang ada. Pada pelaksanaan metode demonstrasi untukmeningkatkan hasil belajar mengenal bentuk dan sifat benda padat, cair dan gasdilaksanakan dengan 3 langkah yaitu : Persiapan demonstrasi, Pelaksanaandemonstrasi dan tindak lanjut (follow up)Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankwalitatif dan kwantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan datahasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dandokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 10Aur Duri. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 10 Aur Duri Padangsebanyak 18 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) refleksi.Hasil penelitian yang dilakukan diketahui persentase ketuntasan hasilbelajar siswa pada siklus I dengan materi mengenal bentuk dan sifat benda padat,cair dan gas adalah 55% dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajaradalah 77,7%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah metodedemonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi mengenalbentuk dan sifat benda padat, cair dan gas di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE DEMONSTRASI, HASIL PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:38
Last Modified: 24 Oct 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27662

Actions (login required)

View Item
View Item