Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas V SDN 62 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Nurmailis, Nurmailis (2011) Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas V SDN 62 Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURMAILIS_09298_2011.pdf] Text
final_B1_NURMAILIS_09298_2011.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran yangdilaksanakan oleh guru masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusatpada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Oleh sebab itu peneliti dalampenelitian ini menggunakan model pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuanuntuk Medeskripsikan Perencanaa, Pelaksanaan, Peningkatan ProsesPembelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang Di Kelas V SDN 62 Batu HamparKecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yangdiperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalampembelajaran jaring-jaring bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN 62Batu Hampar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Subjek penelitianadalah guru dan siswa kelas V SD terteliti.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classromm actionresearch), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yangdilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru.Hasil penelitian setelah siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperolehsiswa Aspek Kognitif menunjukan 61,78 % berada pada taraf cukup AspekAfektif menunjukan 86,50 % berada pada taraf baik, Aspek PsikomotorMenunjukan 58,33 % berada pada taraf kurang. Penelitian dilanjutkan pada siklusII yang diperoleh siswa adalah Aspek Kognitif Menunjukan 82,71 % berada padataraf baik, Aspek Afektif Menunjukan 97,61 % berada pada taraf sangat baik,Aspek Psikomotor menunjukan 95,83 % berada pada taraf sangat baik. Telahterjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkanpada penelitian tindakan kelas melalui model pendekatan CTL dapatmeningkatkan konsep pengaruh globalisasi di lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BANGUN RUANG, PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:37
Last Modified: 24 Oct 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item
View Item