Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 22 Lubuk.

Nurlisma, Nurlisma (2011) Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 22 Lubuk. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURLISMA_90840_2389_2011.pdf] Text
final_B1_NURLISMA_90840_2389_2011.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini bertujuan untuk menerapkanpendekatan Problem Solving pada pembelajaran IPA Kelas V, PendekatanProblem Solving diterapkan dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaranyang biasa digunakan guru dirasakan kurang efektif bagi siswa sehingga berakibatkurang optimalnya penguasaan materi bagi siswa.Pelaksanaan pendekataan Problem Solving yang dilakukan yaitumerancang dan mengelola kegiatan pembelajaran, menggunakan alat bantu dansumber pembelajaran yang beragam, memberikan kesempatan kepada siswa untukmengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan, menyelesaikanmasalah yang dihadapinya, baik masalah pada dirinya sendiri maupun masalahdalam kelompok masyarakat, serta mengaitkan kegiatan pembelajaran denganpengalaman siswa sehari-hari.Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan teman sejawatbertindak sebagai observer. Pada hasil penelitian dengan jumlah siswa 30 orangpada Siklus I, 11 orang mendapat nilai C ( Cukup ) , 4 orang mendapat nilai B( Baik ) dan 15 orang mendapat nilai SB ( Sangat Baik ). Pada penelitian Siklus IIdengan jumlah siswa 30 orang, 0 orang mendapat nilai C ( Cukup ), 7 orangmendapat nilai B ( Baik ) dan 23 orang mendapat nilai SB ( Sangat Baik ). Darihasil penelitian diatas menunjukkan adanya keberhasilan penerapan pendekatanProblem Solving. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil pembelajaran yangdiperoleh siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD 22 Lubuk Begalung KotaPadang. Pada lembar observer juga terlihat peningkatan proses pembelajaran,dimana guru telah dapat menciptakan pembelajaran aktif. Dari hasil penelitiandisarankan kepada guru khususnya guru SD untuk menerapkan pendekatanProblem Solving ini sebaik mungkin dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN PROBLEM SOLVING, HASIL BELAJAR IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:37
Last Modified: 24 Oct 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27657

Actions (login required)

View Item
View Item