Usman, Nurlis (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURLIS_USMAN_90297_2011.pdf
Download (845kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di kelas V SDNegeri 10 Kecamatan Lubuk Begalung, pembelajaran PKn masih didominasi olehpenggunaan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan kegiatannyalebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang semangat dalam belajar. Siswakurang terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga materi yang disampaikankurang dipahami oleh siswa. Selain itu guru lebih sering memberikan tugas, halini menyebabkan siswa kesulitan di mana materi yang dipelajari belum selesaitetapi tugas sudah diberikan dan pembelajaran yang demikian akan mempengaruhihasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Diantara berbagai modelpembelajaran yang ada peneliti tertarik untuk memperbaiki dengan menerapkanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahpenelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakanyang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 10 Kecamatan Lubuk Begalungdengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 14 perempuan dan 18 laki-laki.Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD melalui dua siklus (siklus I dan II) dapatmeningkatan hasil belajar PKn di SDN 10 Lubuk Begalung Padang. Rata-ratakelas hasil belajar sebelum menggunakan pembelajaran model STAD adalah 64,2Setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD rata-rata kelas hasilbelajar siswa pada siklus I adalah 68,7 dan pada siklus II meningkat menjadi79,7. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VSDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF |
| Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JN Political institutions (Europe) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:35 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 01:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27644 |
