Nurlinda, Nurlinda (2011) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURLINDA_07661_2969_2011.pdf
Download (233kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwapembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkanrefleksi awal peneliti ditemukan hasil belajar IPA siswa masih rendah, untuk itupeneliti melalui penelitian tindakan kelas ingin mencoba meningkatkan hasilbelajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Pendekatan Keterampilan Proses di SDN15 Koto Lalang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatifyang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan,refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan datahasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes.Subjek peneliti adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas V yang berjumlah 20orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis datakualitatif dan kuantitatif.Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaianproses (afektif dan psikomotor), penilaian hasil (kognitif) dan rambu-rambulembaran pengamatan penggunaan model pembelajaran pendekatan keterampilanproses dari aspek guru dan siswa. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa diadakan tes yang dianalisis dengan menggunakan penilaian denganKriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah 75. Hasil belajar siswa melaluipendekatan keterampilan proses pada siklus I dan II mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata kelas hanya mencapai nilai6,82 sedangkan anak yang tuntas baru 9 orang dengan persentase ketuntasansiswa hanya 45% dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai nilai 8,45,anak yangtuntas sudah 17 orang dengan persentase ketuntasan siswa sudah mencapai 85%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu PengetahuanAlam melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajarIPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 15 Koto Lalang Kecamatan LubukKilangan Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN KETERAMPILAN, KETERAMPILAN PROSES, HASIL BELAJAR IPA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:33 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 01:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27634 |
