Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Melalui Permainan Mana Sepatuku di TK Equator Bonjol Pasaman

Mawarni, Rini (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Melalui Permainan Mana Sepatuku di TK Equator Bonjol Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINI_MAWARNI_51111_2011.pdf] Text
final_B1_RINI_MAWARNI_51111_2011.pdf

Download (151kB)

Abstract

Masa lima tahun pertama perkembangan dan pertumbuhan anak sering disebut juga sebagai masa keemasan bagi anak. Dimana pada masa ini keadaan fisik motorik maupun segala kemampuan anak sedang berkembang cepat yang ditentukan oleh bagaimana kualitas lingkungan bermain anak dan stimulasi
lingkungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak
TK melalui kegiatan permainan mana sepatuku agar anak menjadi mandiri serta menanamkan pada anak gemar berolahraga.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dimana penelitian ini bersifat reflektif dengan melakukan tindakan tertentu agar dapat
memperbaiki dan/ atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara profesional dengan subjek penelitian TK Equtor Bonjol Pasaman pada kelompok B tahun pelajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 24 orang anak dengan
menggunakan permainan mana sepatuku, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan format hasil penelitian anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan fisik motorik
anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I peningkatan kemampuan fisik motorik anak terlihat masih kurang aktif sesuai dengan persentase tingkat keberhasilan anak mencapai 45,83 % menunjukkan
hasil yang belum maksimal pada siklus I dan pada siklus II, tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak meningkat menjadi 80,21 %, sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM)
yang telah ditetapkan yaitu 75 %. Kemampuan fisik motorik anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai
siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan mana sepatuku dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak di TK Equator Bonjol Pasaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:31
Last Modified: 24 Oct 2025 01:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item
View Item