Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Learning Tournament Diiringi Pemberian Reward pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 2 Payakumbuh Tahun 2010/2011.

Nurlaili, Nurlaili (2011) Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Learning Tournament Diiringi Pemberian Reward pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 2 Payakumbuh Tahun 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURLAILI-86105-2011.pdf] Text
final_B1_NURLAILI-86105-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang terjadi di SMAN 2 Payakumbuh, masihterpusat pada guru sehingga aktivitas siswa lebih banyak pasif selamapembelajaran berlangsung. Pada saat proses pembelajaran berlangsung banyaksiswa yang tidak mengerjakan latihan. Selain itu pembelajaran kelompok yangterjadi di kelas masih bersifat klasikal dan belum terarah. Melihat permasalahanini, maka diterapkan pembelajaran aktif tipe learning tournament diiringipemberian reward yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas siswakelas X SMAN 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaranmatematika selama diterapkan metode belajar aktif Tipe Learning Tournamentdiiringi pemberian reward dan apakah rata-rata hasil belajar matematika siswakelas eksperimen yang mengikuti metode belajar aktif Tipe Learning Tournamentdiiringi pemberian reward lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa kelaskontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dan deskriptif.Sampel dipilih dengan teknik random sampling dari populasi penelitian yaitusiswa kelas X SMAN 2 Payakumbuh, sehingga diperoleh kelas X2 sebagai kelaseksperimen yang menggunakan pembelajaran aktif tipe learning tournamentdiiringi pemberian reward dan kelas X1 sebagai kelas kontrol yang menggunakanpembelajaran konvensional. Untuk mengambil data dari sampel, digunakan teshasil belajar berupa tes essay dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yangdiperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji t pada tingkat signifikansiα = 0,05.Dari analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah69,3 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 56,03. Dari hasil pengujian hipotesisdiperoleh p-value = 0,003, karena p-value <α maka hipotesis penelitian diterima.Dengan demikian, rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menerapkanpembelajaran aktif tipe learning tournament diiringi pemberian reward lebih baikdaripada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Hasil analisislembar observasi menunjukkan bahwa secara umum siswa lebih aktif selamapembelajaran aktif tipe learning tournament diiringi pemberian rewardberlangsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR AKTIF, TIPE LEARNING TOURNAMENT, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Oct 2025 06:55
Last Modified: 23 Oct 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item
View Item