Yettismi, Yettismi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Segi Banyak dengan Pendekatan Kooperatif Model Group Investigasi di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 13 Surau Gadang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YETTISMI_90444_2011.pdf
Download (307kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa SDN 13 Surau Gadang Kota Padang yang mendapatkan nilai hasil belajar materi luas segi banyak hanya 5,67. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran materi materi luas segi banyak disebabkan selama ini dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah sehingga kemampuan siswa dalam menghitung materi luas segi banyak tidak berkembang, siswa kurang mampu memahami data dan siswa tidak dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan materi luas segi banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan Hasil Belajar Luas Segi Banyak dengan Pendekatan Kooperatif Model Group Investigasi di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 13 Surau Gadang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar yang terjadi dalam kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SDN 13 Surau Gadang Kota Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan lapangan, Observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data Kualitatif data Kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian, tentang upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi luas segi banyak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat disimpulkan sebagai berikut Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran. Rancangan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran yang digunakan. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 32 %, pada siklus I pertemuan II nilai ketuntasan yang diperoleh 49 % dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97 %. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif model Group Investigasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi luas segi banyak siswa kelas VI SD Negeri 13 Surau Gadang Kota Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR LUAS SEGI BANYAK, PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGASI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 01:26 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 01:26 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27603 |
