Yasmiati, Yasmiati (2011) Peningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SD N 03 Koto Kaciak Kec. Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YASMIATI_52109_2011.pdf
Download (137kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran guru terlalu dominan dalam pembelajaran. Guru tidak memberi
kesempatan pada siswa untuk bertanya. Hal ini menjadikan siswa bersifat pasif
dalam belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Selain itu guru lebih mengandalkan pada siswa yang rajin membaca. Kalau hal ini
dibiarkan terus berlanjut, maka berindikasi negatif terhadap hasil belajar siswa.
Pendekatan Konstruktivisme adalah suatu pendekatan yang mana siswa harus
mampu menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi
lain dan apabila dikehendaki informasi itu menjadi milik mereka sendiri. Dalam
proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme
siswa diarahkan pada membangun sendiri pengetahuan mereka melalui
keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah PTK dan menggunakan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian
reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N 03
Koto Kaciak Kec. Tanjung Raya, dengan jumlah peserta didik 26 orang.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juni 2011, mulai dari siklus I s/d
seterusnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana pembelajaran sesuai
dengan langkah-langkah konstruktivisme yaitu pengaktifan pengetahuan yang
sudah ada, pemerolehan pengetahuan baru, pemahaman pengetahuan, menerapkan
pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, melakukan refleksi. Pelaksanaan
pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme
menggunakan lima langkah pembelajaran yang dilaksanakan pada kegiatan inti
yaitu pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, pemerolehan pengetahuan baru,
pemahaman pengetahuan, menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang
diperoleh, melakukan refleksi. Pada tahap akhir kegiatan siswa diarahkan untuk
menyimpulkan pelajaran dan memberikan tes akhir. Dari hasil penelitian yang
dilakukan dapat disimpulkan hasil pembelajaran siswa meningkat yaitu dari ratarata
siklus I yaitu 6,6 dengan nilai ketuntasan 46,1% dan pada siklus II rata-rata
8,7 dan nilai ketuntasan 88,5%. Dan dengan demikian dapat dipahami bahwa
dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas V SD N 03 Koto Kaciak
Kec. Tanjung Raya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27591 |
