Nurhidayah, Nurhidayah (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada pembelajaran IPS kalas IV SDN I Palaluar Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURHIDAYAH_09937_2011.pdf
Download (182kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan Peneliti sekaligus sebagai guru kelas IV SDN IPalauar bahwa hasil belajar pada pembelaajaran IPS di kelas IV SDN I PalaluarKabupaten Sijunjung kurang memuaskan. Hal ini disebabkan guru hanyamenggunakan metode ceramah, sehingga anak kurang termotivasi dalam belajar.Meliha dari kondisi ini maka dilakukanlah penelitian terhadap pembelajaran IPSdengan menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajarsiswa. Karena metode problem solving merupakan metode yang menuntut siswauntuk lebih kreatif dalam menganalisa dari sebuah masalah. Penelitian bertujuanuntuk merancang, melaksanakan, dan penilaian pembelajaran IPS denganmenggunakan metode problem solving.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh bahwapenggunaan metode problem solving dapatmeningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pelaksanaanpembelajaran dengan menggunakan metode problem solving ini dilaksanakandengan 5 langkah yaitu: 1) Adanya masalah yang dipecahkan 2) mencari datayang dapat digunakan untuk memecahkan masalah 3) menetapkan jawabansementara 4) menguji jawaban sementara 5) menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian terlihat dengan menggunakan metode problemsolving dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas VI SDN IPalaluar Kabupaten Sijunjung. Jika dilihat dari 4 kali pertemuan dari aktivitassiswa terlihat perkembangan dari siklus I dan siklus II secara berturut-turut yaitu:60%, 70%, 85%, 95%. Pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problemsolving bertujuan untuk mencapai suatu hasil yang dapat diwujudkan dengan hasilpembelajaran semakin bermutunya kemampuan berpikir siswa dalammemecahkan suatu masalah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, METODE PROBLEM SOLVING |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27590 |
