Nurhelma, Nurhelma (2011) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Cupak Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURHELMA_90471_2523_2011.pdf
Download (284kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas IV SD Negeri02 Cupak Tangah Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran operasipenjumlahan pecahan berpenyebut sama masih dilaksanakan secara konvensionalyaitu dengan menggunakan metode ceramah. Adapun tujuan penelitian tindakankelas ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajaroperasi penjumlahan pecahan berpenyebut sama melalui pembelajaran kooperatiftipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Cupak Tangah Kota Padang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatifdan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajrankooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran operasi hitungpenjumlahan pecahan berpenyebut sama pada siswa kelas IV SD Negeri 02Cupak Tangah Kota Padang. Hal ini dapat dilihat dari (1) kemampuan siswauntuk mencari dan menemukan sendiri informasi dari berbagai sumber, (2)kemampuan siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasan danmembandingkannya dengan gagasan orang lain, (3) kemampuan siswa dalambekerja sama, (4) kemampuan siswa untuk bertanggung jawab untuk diri sendiridan orang lain, dan (5) ketuntasan belajar yang semula hanya 64% pada siklus Imeningkat menjadi 81% pada akhir siklus II pada penilaian kognitif. Padapenilaian afektif siklus I hanya mencapai 59% dan meningkat pada siklus IImenjadi 81%, serta untuk penilaian psikomotor meningkat dari 59% menjadi 85%pada siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas untuk meningkatkanhasil belajar operasi penjumlahan pecahan berpenyebut sama menggunakanpembelajaran kooperatif tipe STAD perlu diterapkan dan dikembangkan dalamrangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PENJUMLAHAN PECAHAN |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:42 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27573 |
