Nurhayati, Nurhayati (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Diikuti Kuis dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Angkasa Lanud Padang Tahun Pelajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURHAYATI-72963-2011.pdf
Download (981kB)
Abstract
Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Angkasa Lanud Padangmasih belum memuaskan. Hal ini disebabkan kurangnya minat dan aktivitassiswa. Kebanyakan siswa kurang aktif dan cenderung diam saja jika tidakmengerti materi yang dipelajari. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencobamenerapkan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Dua Tinggal DuaTamu diikuti Kuis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimanaaktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajarankooperatif dengan teknik Dua Tinggal Dua Tamu diikuti Kuis? 2)Apakah hasilbelajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan modelpembelajaran kooperatif dengan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu diikuti Kuis lebihbaik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajarankonvensional? Hipotesis yang dirumuskan adalah hasil belajar matematika siswayang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif denganteknik dua Tinggal Dua Tamu diikuti Kuis lebih baik daripada hasil belajarmatematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIIISMP Angkasa Lanud Padang.Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian kuantitatif dengan modelrancangan Randomized Control Group Only Design dan penelitian deskriptif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Angkasa Lanud Padang.Sampelnya adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 sebagaikelas kontrol yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan lembar observasi dan tes akhir berupa soal essay. Data aktivitasdianalisis secara deskriptif dan data hasil tes dianalisis dengan Uji-t.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa terutama dalamberdiskusi, memberi tanggapan atau pertanyaan. Hasil uji t diperoleh P-value =0,042, ini berarti hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih baik dari padakelas kontrol untuk α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajarankooperatif dengan teknik Dua Tinggal Dua Tamu diikuti Kuis dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Angkasa LanudPadang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PEMBELAJARAN MATEMATIKA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:41 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:41 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27566 |
