Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang.

Nurhayati, Nasution (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURHAYATI_NASUTION_09405_2011.pdf] Text
final_B1_NURHAYATI_NASUTION_09405_2011.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yamg selama inimasih menggunakan model ceramah dalam menyampaikan materi dankegiatannya lebih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan dalam pembelajaransiswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaranIPA dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 15 UluGadut Kota Padang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan databerupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperolehdalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dankuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana siklus Iterdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan denganmenggunakan model kooperatif tipe STAD menunjukkan adanya peningkatan baikproses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat daripencapian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana aspek kognitifketuntasan belajar yang dicapai siswa yaitu siklus I pertemuan I yaitu 65%, siklusI pertemuan II meningkat menjadi 68% dan siklus II mengalami peningkatanmenjadi 97%. Sedangkan ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari penilaianafektif pada siklus I pertemuan I yaitu 62%, siklus I pertemuan II 68% selanjutnyasiklus II mengalami peningkatan menjadi 92%. Selanjutnya dari aspek psikomotorketuntasan belajar yang diperoleh siswa siklus I pertemuan I yaitu 60%, siklus Ipertemuan II mengalami peningkatan menjadi 68% serta siklus II mengalamipeningkatan lagi menjadi 92%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:40
Last Modified: 22 Oct 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27554

Actions (login required)

View Item
View Item