Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) yang Disertai Tugas Meringkas terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMА Negeri 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2011/2012.

Nurhayati, Nurhayati (2008) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) yang Disertai Tugas Meringkas terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMА Negeri 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURHAYATI_00292.pdf] Text
final_B1_NURHAYATI_00292.pdf

Download (957kB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Batipuhadalah kurangnya aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan terhadap materiyang tidak dipahami baik pada saat proses pembelajaran maupun tugas-tugas yangdiberikan guru. Dalam proses pembelajaran, guru lebih sering menggunakanmetode ceramah dan diskusi serta jarang mengombinasikan dengan beragamstrategi pembelajaran. Akibatnya siswa lebih cepat bosan dan kurangmemperhatikan materi yang di sampaikan oleh guru. Salah satu cara untukmenumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan strategipembelajaran aktif Question Student Have (QSH). Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Question StudentHave (QSH) yang disertai tugas meringkas terhadap hasil belajar biologi siswakelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan TheStatic Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMA Negeri 1 Batipuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012sebanyak 6 kelas, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling.Didapatkan sampel kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan X.5 sebagai kelaskontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 35 buah yangtelah diuji cobakan. Data dianalisis menggunakan uji t.Berdasarkan uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α = 0,05)didapatkan harga thitung 5,27 dan harga ttabel 1,67 (5,27 > 1,67). Dengan demikianthitung > ttabel, yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%.Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 73,12 dan kelas kontrol 60,98(73,12 > 60,98). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positifpenerapan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) yang disertaitugas meringkas terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1Batipuh Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR BIOLOGI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:03
Last Modified: 22 Oct 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27527

Actions (login required)

View Item
View Item