Febrianty, Rini (2011) Upaya Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar IPS Terpadu dengan Menggunakan Kuis Cerita Bergambar pada Siswa Kelas VIII.4 SMPN 3 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RINI_FEBRIANTY_77640_5835_2011.pdf
Download (144kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar IPS Terpadu
dengan menggunakan kuis certa bergambar pada siswa kelas VIII.4 SMPN 3 Koto XI Tarusan
kabupaten pasisir selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.4 yang berjumlah sebanyak 34 orang siswa dan terdiri
dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket yang digunakan untuk melihat perubahan motivasi belajar siswa pada
siklus I, II,dan III. Selanjutnya dilakukan pemberian kuis cerita bergambar untuk melihat
peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat motivasi belajar siswa yang sangat
tmemuaskan. Persentase motivasi belajar pada indikator perhatian siswa terhadap pembelajarn
meningkat dari 49,99% pada siklus I menjadi 60,60% pada siklus II dan pada siklus III juga
terjadi peningkatan yang sangat mengembirakan yaitu sebesar 80,23%. Sedangkan hasil belajar
siswa juga terjadi peningkatan yaitu, pada siklus II rata-rata hasil belajar 63,94% dan pada sklus
IIImeningkat menjadi 83,53%. Hal ini terjadi karena pemberian kuis cerita bergambar membuat
siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ternyata dengan pemberian kuis
cerita bergambar dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu
disarankan kepada Guru khususnya Guru mata pelajaran IPS Terpadu untuk memberikan kuis
cerita bergambar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:03 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:03 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27526 |
