Nurhanif, Nurhanif (2008) Persepsi Siswa tentang Kepribadian Konselor. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NURHANIF 80313-06-08.pdf [thumbnail of final_B1_NURHANIF 80313-06-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NURHANIF 80313-06-08.pdf
Download (77kB)
Abstract
Fungsi utama dari bimbingan di sekolah adalah membantu siswa untukmengentaskan masalah-masalah pribadinya. Untuk itu konselor memiliki berbagaiketerampilan dalam mengembangkan potensi diri siswa. Sebagai tenaga pendidikyang paling banyak berinteraksi dengan siswa, seorang konselor harus bisamenampilkan kepribadian yang menyenangkan bagi siswa. Hasil wawancaraterungkap 10% (3 orang dari 30 orang siswa) yang datang secara sukarela menemuikonselor untuk menceritakan masalahnya sedangkan berdasarkan hasil pengolahanAUM Umum terungkap bahwa masalah yang paling banyak dialami siswa padabidang diri pribadi adalah 66,6%.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentangkepribadian konselor yaitu mengenai komunikasi, ketegasan, keramahan, kesabarandan empati. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan populasi siswa SMA N 1Ampek Angkek Kab. Agam dengan jumlah 914 orang. Teknik pengambilan sampeladalah Random sampling dengan sampel 108 orang. Instrumen yang digunakanadalah angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Temuan penelitian menunjukkan (1) Secara umum persepsi siswa tentangkepribadian konselor termasuk dalam kategori baik, (2) Persepsi siswa tentangkepribadian konselor yang berkaitan dengan komunikasi termasuk dalam kategoribaik. (3) Persepsi siswa tentang kepribadian konselor berkaitan dengan ketegasantermasuk dalam kategori baik. (4) Persepsi siswa tentang kepribadian konselorberkaitan dengan keramahan termasuk dalam kategori cukup baik. (5) Persepsi siswatentang kepribadian konselor berkaitan dengan kesabaran termasuk dalam kategoribaik. (6) Persepsi siswa tentang kepribadian konselor berkaitan dengan empatitermasuk dalam kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada: (1) Konselor agarmempertahankan kepribadian yang sudah baik menurut persepsi siswa. (2) Jurusanbimbingan dan konseling, sebagai masukan untuk meningkatkan pembentukankepribadian mahasiswa calon konselor melalui berbagai kegiatan pembinaanmahasiswa yang mengarah kepada keprofesionalannya dalam pelayanan bimbingandan konseling di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPRIBADIAN KONSELOR, BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 04:04 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 04:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27502 |