Pengaruh Harga dan Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Transportasi Darat KA Sibinuang Jurusan Padang-Pariaman

Mardhino, Ronny (2019) Pengaruh Harga dan Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Transportasi Darat KA Sibinuang Jurusan Padang-Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RONNY_MARDHINO_4898_14053018_2019.pdf] Text
B1_01_RONNY_MARDHINO_4898_14053018_2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh harga dan pelayanan
terhadap kepuasan konsumen transportasi darat kereta api Sibinuang jurusan
Padang-Pariaman. Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terkait dengan
ketidakpuasan penumpang terhadap layanan jasa kereta api Sibinuang Penelitian
ini merupakan jenis kausatif. Penelitian kausatif bertujuan untuk menganalisis
hubungan antara satu variabel dengan variabel lain atau bagaimana suatu variabel
mempengaruhi variabel lainnya. Dalam hal ini pengaruh harga dan layanan
terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Sibinuang PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah
masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api Sibinuang jurusan
Padang-Pariaman PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera
Barat. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui observasi,
wawancara, kuesioner atau angket yang disebar di beberapa stasiun /shelter yang
dilewati kereta api dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non
probability sampling dengan teknik accidental sampling.. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan program SPSS versi 21.
Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji statistik t dengan tingkat α
= 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) harga tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Sibinuang PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. 2) Layanan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Sibinuang PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:19
Last Modified: 21 Oct 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item
View Item