Sumarni, Yanti (2011) Pelaksanaan Keterampilan Membaca Cepat dengan menggunakan Teknik Trifokus Steve Snyder pada siswa Kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YANTI_SUMARNI_88166_3161_2011.pdf
Download (221kB)
Abstract
Keterampilan membaca cepat siswa SD masih rendah dari 10 orang yang
diukur kecepatan membacanya hanya berkisar antara 69-136 katapermenit,
penyebabnya adalah guru masih menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, dan
belum menggunakan media yang cocok dalam pembelajaran, sehingga siswa jadi
bosan dan kurang berkonsentrasi dalam belajar, serta penggunaaan strategi belajar
mengajar yang kurang tepat dan efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah Pelaksanaan Keterampilan Membaca Cepat dengan Menggunakan
Teknik Trifokus Steve Snyder pada siswa kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Keterampilan
Membaca Cepat dengan Menggunakan Teknik Trifokus Steve Snyder pada siswa kelas
V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Perencanaan penelitian disusun meliputi: 1) Lokasi
penelitian, 2) Subjek Penelitian, 3) Waktu, 4) Alur Penelitian, 5) Studi
Pendahuluan/Refleksi Awal, 6) Perencanaan, 7) Tahap pelaksanaan, 8) Tahap
pengamatan, dan 9) Tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 10
Sapiran yang berjumlah 36 orang, proses pembelajaran dilakukan oleh peneliti dan
guru kelas sebagai observer. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi dan pencatatan lapangan serta hasil penilaian belajar siswa.
Hasil yang dicapai pada siklus I berdasarkan hasil observasi dari aspek guru
61,7%, dan aspek siswa adalah 66,1%. Sedangkan hasil yang dicapai pada siklus II
berdasarkan hasil observasi dari aspek guru 88,2%, dan aspek siswa adalah 89,7%.
Hasil penilaian dari 36 orang siswa pada siklus I masih dikategorikan belum berhasil
masih dalam kategori cukup, karena hasil belajar siklus I yaitu 67,9% dan pada siklus
II dilakukan perbaikan, hasil yang dicapai lebih baik yaitu yaitu 81,3% dengan
kategori sangat baik. Dengan demikian telah terjadi peningkatan keterampilan
membaca cepat dengan menggunakan teknik trifokus steve snyder.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:16 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:16 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27474 |
