Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe CIRC Pada Siswa Kelas IV SDN 04 Situjuah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Anggraini, Rini (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe CIRC Pada Siswa Kelas IV SDN 04 Situjuah Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINI_ANGGRAINI-50510-2011.pdf] Text
final_B1_RINI_ANGGRAINI-50510-2011.pdf

Download (196kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah yang ditemui pada pembelajaran menulis narasi nilai siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis narasi dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kooperatif tipe CIRC. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa pada tahap prapenulisan, saatpenulisan, dan pasca penulisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I peneliti melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus II peneliti juga melakukan hal yang sama dengan siklus I. data ini berupa informasitentang data
hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktifitas guru dan siswa, dan lembaran penilaian. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 12 orang, dengan rincian orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menulis narasi siklus I (1) prapenulisan nilai rata-rata siswa 77,9, (2) saatpenulisan nilai rata-rata
siswa 64,5 dan pasca penulisan 74,6. Untuk memperoleh peningkatan pembelajaran menulis narasi perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II ini pembelajaran menulis narsi sudah mengalami peningkatan, (1) prapenulisan nilai
rata-rata siswa 86,4, (2) saatpenulisan nilai rata-rata siswa 81,6, dan pasca penulisan nilai rata-rata siswa 83,2. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat adanya
peningkatan keterampilan menulis narasi siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Learning
Tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa pada tahap prapenulisan, saatpenulisan, dan pascapenulisan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:20
Last Modified: 21 Oct 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27463

Actions (login required)

View Item
View Item